FPGA

FPGA (field progammablegate array) merupakan sebuah ic digital yang sering digunakan untuk mengimplementasikan  rangkaian digital.

Sifat dari FPGA :

  1. Program dapat disusun ulang berkali-kali
  2. FPGA dapat didownload bekali-kali oleh program tanpa batas
  3. Bersfat volatile
  4. Hampir semua rangkaian terimplementasi di dalam chip
  5. Lebih murah dan lebih cepat dalam hal desain

Komponen FPGA secara umum :

  1. CLB (Configure Logic Block). Bagian ini berfungsi untuk memproses rangkaian logika yang dibuat user.
  2. I/O Blocks. Sebagai interface antara ekstenal pin dari device dan internal user logic
  3. Programmable interconecti. Bagian ini berisi wire segments dan progammable switches, selain itu bagian ini juga akan menghubungkan antara CLB satu dengan CLB yang lainnya.

Sebuah FPGA tersusun dari sebuah bagian yang bernama Logic Cell (logic block), yang kemudian pada perkembangannya saling terhubung satu sama lain. Kumpulan-kumpulan dari logic cell ini berjumlah ratusan bahkan ribuan dan  membentuk suatu fungsi yang kompleks. Sebuah logic cell pada dasarnya terdiri atas sebuah look up table (LUT), D flip-flop dan sebuah multiplekser 2 to 1

  1. Look Up Table (LUT) merupakan sejenis RAM yang berkapasitas kecil. Di dalam FPGA, LUT memegang peranan yang sangat pentingdalam proses implementasi fungsi-fungsi logika. Selain itu, LUT ini berciri khas memiliki input 4 buah
  2. D flip-flop. Rangkaian D flip-flop ini berfungsi sebagai rangkaian logika sekuensial dimana didalamnya terdapat peralatan memori dan pewaktu
  3. Multiplekser 2 to 1. Multipekser adalah piranti digital yang bekerja sebagai switch (saklar) yang menhubungakn data dari n masukan kesebuah keluaran. Multiplekser berfungsi untuk memilih beberapa input umtuk hanya menjadi 1 output saja. Di dalam FPGA, terdapat rangkaian multiplekser 2 to 1 yang artinya multiplekser tersebut memiliki 2 buah inputan dan 1 buah output.

FPGA design software :

FPGA merupakan sebuah IC digital yang sering digunakan untuk menggimplementasikan rangkaian digital. Jadi, bentuk utama dari sebuah FPGA adalah Integrated Circuit (IC). Dua buah perusahaan yang cukup terkenal sebagai pembuat FPGA adalah Xilinx dan Altera. Pada umumnya, perusahaan tersebut tidak menjual FPGA dalam bentuk terpisahyakni keping IC saja melainkan sudah terintegrasi dengan komponen-komponen elektronok lain seperti kristal, LED, resistor, kapasitor, push button, dsb. Semuanya itu biasanya menjadi satu dan disebut papan pengembang FPGA (FPGA development board) Bentuk inilah yang biasanya dijual loeh para vendor pembuat FPGA.

Perusahaan-perusahaan pembuat FPGA tidak hanya membuat papan penngembang saja, tetapi perusahaan tersebut juga menjual sekaligus perangkat lunak yang akan mendungkung penggunaanya. Jadi ketika kita membelli FPGA maka yang dimaksuf adalah membeli development board FPGA beserta perangkat lunak pendukungnya. Kedua bagian tersebut merupakan satui kesatuan utuh yang saling mendukung proses kerja satu sama lain. Secara garis besar, perancangan perangkat lunak terdiri atas 4 tahap yaitu:

  1. Design entry
  2. Simulation
  3. Synthesis and place and route
  4. Prigramming though special cables

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s