30 TAHUN UNIVERSITAS GUNADARMA MENGABDI

PERAN UG DALAM MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA

Selama 350 tahun negara kita berada dibawah kekuasaan penjajah, mulai dari pendudukan portugis,Belanda,Inggris dan Jepang. Dalam masa-masa itu bangsa kita hidup dalam kemiskinan, kebodohan dan penuh dengan penderitaan. Selama masa penjajahan itu para pejuang bangsa terus berusaha melepaskan diri dari penjajahan agar dapat hidup merdeka, berdaulat dan bermartabat. Perjuangan bangsa kita untuk dapat meraih kemerdekaan tidaklah mudah melainkan harus melalui perjuangan yang sangat sulit yaitu dengan mengorbankan harta dan nyawa. Pada masa penjajahan itu bangsa kita telah banyak melahirkan para pahlawan dan pejuang yang sangat gigih berusaha melawan  pendudukan penjajah dengan satu tujuan yaitu kemerdekaan. Kemerdekaan yang akan membawa kita menjadi masyarakat yang bebas, lepas dari kebodohan, kemiskinan dan menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat.

17 agustus 1945 menjadi hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana pada hari itu bangsa kita menyatakan kemerdekaaannya. Kemerdekaan yang diraih melalui perjuangan dan pengorbanan itu diproklamirkan oleh bapak bangsa ir. Soekarno. Kemerdekaan yang sudah lama diperjuangkan itu akhirnya telah kita dapatkan dan para pendiri bangsa pun menyiapkan rancangan untuk bangsa kedepannya agar kita dapat menjadi bangsa yang kuat. Salah satu cita-cita dari para pendiri bangsa kita adalah melepaskan bangsa Indonesia dari kebodohan, dimana cita-cita itu dituangkan dalam pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia akan melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa

Kini hampir 66 tahun bangsa kita merdeka dan lepas dari penjajahan yang membodohkan masyarakat kita dan dunia pun sudah mengakui kedaulatan kita sebagai suatu bangsa yang merdeka, lalu kini hampir 66 tahun bangsa kita menyatakan kemerdekaannya dan kini apakah masyarakat kita benar-benar telah merdeka? Merdeka dari bentuk penjajahan antar bangsa mungkin iya, tetapi penjajahan dalam bentuk yang lain mungkin sedang kita rasakan saat ini. Bentuk penjajahan yang kita alami saat ini mungkin sangat sulit kita hadapi karena sebenarnya kita sedang dijajah oleh bangsa sendiri, hal ini dapat dilihat dari keadaan bangsa kita saat ini yang sedang terpuruk dan tidak bisa lepas dari bentuk korupsi, politik kekuasaan, hukum yang berpihak serta pembodohan yang “tak kasat mata” seperti mahalnya pendidikan dan tidak adanya jaminan bagi masyarakat kita untuk menikmati pendidikan yang layak karena terbentur biaya. Sebenarnya kita sudah menyimpang dari apa yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa kita, yaitu menjadi masyarakat yang sejahtera, maju dan jauh dari kebodohan. Sungguh sangat disayangkan kita sebagai bangsa yang besar dan mempunyai kekayaan alam yang berlimpah masih sulit untuk meraih kesejahteraan dan terlepas dari kebodohan yang hanya dikarenakan ketamakan dan ketidak pandaian para pemimpin kita dalam mengelola bangsa ini. Kini seharusnya kita semua kembali melihat bagaimana para pejuang kita dalam meraih kemerdekaan dan kembali mengingat apa yang sebenarnya mereka perjuangkan dan cita-citakan untuk bangsa ini, bukankah mereka menginginkan kita menjadi bangsa yang maju dan lepas dari kebodohan? untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh para pendahulu kita perlu kebulatan tekad kita untuk meraihnya, karena untuk mencapi kesejahteraan dan kemajuan yang kita impikan tidak bisa diraih dengan mudah tetapi butuh perjuangan dan kesadaran masyarakat kita dan pemerintah. Untuk meraih semuanya itu harus dimulai dari bawah yaitu dengan memberikan dan menyediakan pendidikan yang layak dan bekualitas yang akhirnya nanti dapat menciptakan tunas-tunas bangsa yang berkualitas yang efek akhirnya adalah untuk kemajuan bangsa.

Menyediakan pendidikan yang layak adalah menjadi tugas pemerintah yang merupakan pengemban amanat dari UUD 45 yang menugaskan untuk mensejahterakan kehidupan berbangsa. Saat ini pemerintah yang merupakan penyelenggara pendidikan di negeri ini yang membawahi  departemen pendidikan sedang berusaha memberikan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat salah satunya dengan program BOS dan juga sekolah gratis bagi sekolah tingkat dasar dan sekolah lanjut tingkat pertama, walaupun ada dari program itu yang dijalankan dengan tida amanah dan tidak merata keseluruh masyarakat Indonesia terutama untuk daerah yang berada dipelosok, lalu bagaimana dengan sekolah tingkat SMA atau perguruan tinggi? tampaknya bagi saya pribadi yang merupakan seorang mahasiswa yang berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja cukup kesulitan, walaupun masih tetap bersyukur dapat merasakan nikmatnya menuntut ilmu hingga perguruan tinggi. Masalah pendidikan di negeri ini merupakan masalah yang kompleks, karena banyak yang berpendapat kalau kita ingin pendidikan yang bekualitas tentu juga biayanya juga besar. Dari permasalahan inilah bahwa masalah pendidikan tidak bisa diserahkan kepada pemerintah semata tetapi juga perlu kesadaran dari kita dan juga pihak swasta untuk memajukan dunia pendidikan dinegeri ini. Keterlibatan pihak swasta dalam pendidikan kita saat ini boleh dikatakan sangat memegang peranan, mulai dari memberikan fasilitas penelitian, kerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta program beasiswa yang banyak dicari oleh kalangan yang kurang mampu. Kinipun banyak perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas namun dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan perguruan tinggi yang berstatus negeri, salah satunya adalah tempat saya menuntut ilmu serta mengembangkan diri yaitu UNIVERSITAS GUNADARMA, yang juga akan merayakan hari jadinya yang ke-30 agustus nanti.

Dalam rangka merayakan 30 tahun berdirinya GUNADARMA ini saya juga ingin menyatakan rasa syukur saya karena kini di universitas inilah saya mengembangkan kemampuan serta mencoba menggantungkan cita-cita saya setinggi mungkin.Universitas gunadarma adalah salah atu perguruan tinggi yang ada di Indonesia.Kampus yang berdiri sejak 7 agustus 1981 yang dahulunya bernama Program Pendidikan Imu Komputer (PPIK) sempat berganti-ganti nama akhirnya pada 3 april 1996 menurut surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi no.92/KEP/DIKTI/1996. Lembaga pendidikan yang yang dahulu awalnya bernama  Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) ditetapkan menjadi UniversitasGunadarma. Universitas gunadarma dan universitas-universitas atau perguruan tinggi lainnya mungkin hampir mempunyai tujuan yang sama dalam visi dan misinya dalam menyelenggarakan pendidikan, yaitu memajukan pendidikan bangsa dan mencetak banyak anak bangsa yang berkualitas dan mampu bersaing dengan bangsa lain. Untuk perguruan tinggi lainnya mungkin saya tidak tahu bagaimana mereka menyelenggarakan pendidikannya dan kualitas serta fasilitas-fasilitas yang mereka sediakan untuk menunjang kegiatan pendidikannya, tapi karena saya merupakan mahasiswa gunadarma maka sedikit banyaknya saya tahu bagaimana gunadarma mendidik mahasiswanya serta fasilitas-fasilitas apa saja yang kampus sediakan, dan disinilah saya ingin membahas apa,bagaimana,dimana dan mengapa universitas gunadarma menjadi pilihan saya  dan mungkin akan menjadi referensi bagi kalian yang masih bingung mencari perguruan tinggi yang berkualitas dan bergengsi.

Gunadarma merupakan salah satu universitas unggulan yang ad di indonesia. Hal ini saya katakan bukan karena saya memang mahasiswa gunadarma, melainkan berdasarkan survei yang pernah dikeluarkan oleh webometrics. Dalam survei tersebut gunadarma berada dalam posisi 5 besar dan bersaing bersama kampus-kampus yang memang sudah “punya nama” di negeri ini, seperti UGM, ITB dan UI. Survei yang saya sebutkan diatas mungkin hanyalah sebuah survei bagi sebagian orang ,tetapi bagi saya ini sudah menunjukan bahwa gunadarma diakui akan capabilitasnya dalam dunia pendidikan terutama di Indonesia.

Gunadarma mempunyai berbagai fasilitas-fasilitas penunjang yang disediakan bagi para mahasiswanya untuk mempermudah kegiatan perkuliahannya. Diantara fasilitas itu diantaranya adalah gedung perkuliahan, perpustakaan, fasilitas wifi, e-longue, kelas AC dan lain-lain. Untuk gedung perkuliahan di gunadarma selalu berkembang dari tahun ketahun mulai dari pertama kali Gunadarma berdiri hingga kini sudah terdapat gedung perkuliahan yang tersebar disejumlah tempat seperti di margonda depok, kelapa dua depok, kampus j kalimalang , kampus simatupang, kampus k kemang pratama dan lainya. Meningkatnya jumlah peminat, prestasi dan kualitas inilah yang membuat gunadarma berkembang dari tahun ketahun  hingga kini gunadarma memiliki sejumlah gedung yang tersebar disejumlah tempat dan info lebih lanjut klik http://gunadarma.ac.id/

Dalam kehidupan dalam kampuspun gunadarma mencoba memberikan fasilitas yanng terbaik bagi mahasiswanya mulai dari kenyamanan belajar, dosen-dosen yang berkualitas, materi kuliah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman serta fasilitas-fasilitas lainnya yang mampu menunjang kegiatan kemahasiswaan lainnya. Gunadarma dalam memberikan dan memajukan kualitas anak didiknya juga sering mengadakan seminar-seminar yang dapat menambah wawasan serta memperdalam ilmu mereka selain yang sudah mereka dapatkan dari dosen-dosen mereka. Selain semua fasilitas diatas gunadarma juga memberikan sejumlah beasiswa bagi mahasiswanya berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa-beasiswa yang diberikan itu ada yang langsung dari kampus sendiri dan ada juga dari pihak luar.

Dari sejumlah fasilitas dan keunggulan diataslah yang menjadikan Gunadarma menjadi seperti saat ini. Menjadi universitas unggulan yang berusaha mencerdaskan bangsa, mencetak pemuda-pemuda yang akan menjadi harapan bangsa kedepannya. Dan terakhir saya ingin mengucapkan selamat bagi Gunadarma untuk hari jadinya yang ke-30, dan saya harap gunadarma terus berkembang, terus mencerdaskan bangsa dan terus mencetak pemuda-pemudi yang akan membawa bangsa ini kemakmuran dan dalam kesejahteraan. Amiiinnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s