KESELAMATAN KERJA

“Utamakan keselamatan kerja “ kata-kata inilah yang banyak kita jumpai pada sejumlah perusahaan yang dalam pelaksanaan kerjanya mempunyai resiko yang berbahaya. Slogan ini bukan hanya sekadar slogan yang hanya sebagai pemanis atau hanya hiasan di dinding semata, tetapi menjadi sebuah peringatan dan aturan yang harus didahulukan oleh setiap pegawai yang bekerja didalamnya. Keselamatan seorang karyawan merupakan yang sangat penting, karena karyawan atau pegawai merupakan aset yang penting bagi perusahaan untuk menjalankan bebagai aktivitas produksi, selain itu dengan menekan angka kecelakaan berarti perusahaan juga dapat menekan biaya produksi yang mugkin digunakan untuk biaya rumah sakit.
Berbagai macam aturan ditetapkan oleh beberapa perusahaan untuk menekan angka kecelakaan kerja diantaranya penggunaan perlengkapan safety, pengadaan peralatan kebakaran, pembuatan jalur evakuasi dan lain-lain. Sebagai contoh PT ASTRA HONDA MOTOR merupakan perusahaan yang bergerak dibidang otomotif sangat ketat dalam menerapkan aturan yang berhubungan dengan keselamatan kerja. Setiap karyawan yang bekerja didalam nya diwajibkan mengenakan berbagai perlengakapan safety sesuai dengan resiko pekerjaannya. Berbagai macam alat safety yang digunakan perusahaan sangat bermacam- macam dan disesuaikan dengan resiko yang dihadapi, diantara contoh alat-alat safety adalah:
1. Helm
Helm digunakan oleh pegawai untuk melindungi kepala dari kejatuhan/ tertimpa benda-benda yang berada dari atas.
2. Sarung tangan
Digunakan untuk melindungi tangan dari benda yang mungkin dapat melukai tangan para karyawan dan biasanya setiap karyawan yang bekerja dibagian produksi diwajibkan menggunakan sarung tangan.
3. Earplug
Earplug merupakan perlengkapan safety yang digunakan untuk melindungi telinga dari suasana bising yang dihasilkan oleh mesin-mesin produksi.
4. Sepatu safety
Sepatu safety untuk melindungi kaki dari benda-benda keras yang dapat menimpa kaki. Umumnya sepatu safety diujung sepatu tedapat besi yang dapat melindungi kaki.
5. Kaca mata
Biasanya digunakan dibagian pengelasan.
6. Dan lain-lain

Sebenarnya perusahaan yang menerapkan aturan yang dapat meminimalisir resiko kecelakaan berarti telah menjalankan manajemen resiko dengan baik. Karena perusahaan itu sangat mengerti bahwa semakin bayak kecelakaan yang terjadi berarti semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan perushaan yang berarti menambah biaya ongkos produksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s