BURUKNYA MANAJEMEN PSSI

Sepak bola adalah pemainan paling populer di dunia tak terkecuali di Indonesia. Negara yang berpenduduk lebih dari 200juta jiwa ini sangat menggilai yang namanya sepak bola maka tak heran banyak masyarakat Indonesia yang berharap akan prestasi dari pesepakbolaan Indonesia. Besarnya harapan  masyarakat akan prestasi sepak bola indonesia tampaknya tidak dapat diimbangai dengan kinerja pssi sebagai penyelenggara persepakbolaan di Indonesia, hal ini dapat di lihat dari buruknya manajemen pssi dalam membawa sepak bola Indonesia menuju olah raga prestasi.

Buruknya manajemen pssi dapat kita lihat bagaimana pssi tidak dapat menangani pendistribusian penjualan tiket piala AFF. Berbagai macam keluhanpun disampaikan masyarakat terkait pejualan tiket pertandingan sepakbola piala AFF, mulai dari buruknya pelayanan sampai kegagalan pssi dalam mendistribusikan tiket kemasyarakat yang tak jarang akhirnya berakhir dengan kericuhan. Kegagalan pendistribusian ini bukan pertama kalinya terjadi tetapi pssi tampaknya tidak dapat belajar dari pengalaman. Hal ini sungguh sangat memalukan karena pssi merupakan penyelenggara sepakbola di negeri ini yang seharusnya sudah berpengalaman.

Kegagalan pssi juga terlihat dari cara pssi dalam menyelenggarakan pertandingan liga sepak bola di indonesia. Dari tahun ketahun pssi selalu mengahadapi kendala dalam penyelenggaraan liga , mulai dari liga yang gonta-ganti dari 2 wilayah  dan 1 wilayah, buruknya kinerja wasit, kerusuhan antar suporter, hingga perselisihan dengan sejumlah klub. Baru-baru ini klub yang berselisih dengan pssi adalah psm makasar yang merasa hukuman yang diberikan oleh pssi kepada mereka atas kerusuhan yang terjadi ketika psm behadapan dengan semen padang tidak fair karena pssi tidak memberikan psm untuk melakukan banding. Karena perselisihan ini psm mengajukan pengunduran dirinya dari pagelaran Indonesia Super Legue (ISL) dan mungkin berencana bergabung dengan IPL (Indonesia Premier Legue) yang merupakan liga “tandingan”  untuk ISL yang akan bergulir januari 2011 nanti. Hadirnya IPL yang merupakan liga tandingan dari ISL merupakan bentuk kekecewaan dari beberapa kalangan yang merasa pssi gagal dalam menyelenggarakan pertandingan sepakbola yang bagus dan bermutu. Dari semua  masalah yang ada menunjukan bahwa ada masalah dalam penyelenggaraan sepakbola kita dan pssi seharusnya memperbaiki diri dalam penyelenggaraan dan menampilkan liga yang bemutu dan membawa sepak bola kita lebih beprestasi.. semoga saja…

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s