JENIS VIRUS PADA KOMPUTER

1.Virus Bagle.BC
Virus Bagle BC ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita. Beberapa jam sejak keluarnya virus ini, sudah terdapat 2 buah varian Bagle ( Bagle BD dan BE )yang menyebar melalui e-mail, jaringan komputer dan aplikasi P2P. Virus ini menyebar melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:, Re:Hello, Re:Hi, Re:Thank you, Re:Thanks. Attachment-nya juga bermacam-macam, antara lain : .com, .cpl, .exe, .scr. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja program-program antivirus.

2.Backdoor Alnica
Virus yang juga berbahaya ini merupakan salah satu tipe virus Trojan Horse. Merupakan salah satu virus backdoor yang jika berhasil menginfeksi komputer akan mampu melakukan akses dari jarak jauh dan mengambil segala informasi yang diinginkan oleh si penyerang. Sistem operasi yang diserang oleh virus tersebut antara lain : Windows 200, Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT dan Windows XP. Virus ini berukuran sebesar 57.856 byte.

3.Trojan di Linux
Para pengguna linux Red Hat diharapkan untuk berhati-hati terhadap PATCH yang dikirm melalui e-mail dengan alamat “security@redhat.com” karena itu sebenarnya bukannya patch security tetapi virus Trojan yang bisa mengacaukan sistem keamanan. E-mail peringatan dari Red Hat biasanya selalu dikirim dari alamat “secalert@redhat.com” dan ditandatangani secara digital. Virus ini juga pernah menyerang sistem keamanan Windows tahun 2003 dengan subyek menawarkan solusi keamanan.

4.CABIR
Cabir merupakan merupakan virus Symbian pertama dan terpopuler hingga saat ini. Cabir termasuk jenis worm yang menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk ke ponsel melalui inbox pesan Anda dengan nama-nama yang menarik perhatian. Jika Anda mengklik file.sis tersebut dan menginstalnya, Cabir akan mulai mencari mangsa baru ponsel dengan akses Bluetooth terbuka, untuk menginfeksinya.
Cabir dikenal juga dengan nama SymOS/Cabir.A, EPOC/Cabir.A, Worm.Symbian.Cabir.a, dan virus Caribe. Variannya kini telah berkembang hingga embel-embel abjad terakhir Cabir.Z. Cabir.Z sebenarnya merupakan varian dari Cabir B, hanya penyebarannya menggunakan nama velasco.sis.
Cabir akan mengaktifkan Bluetooth Anda secara periodic, sekitar 15-20 menit sekali untuk mencari mangsa. Tak ada kerusakan file yang berarti, hanya saja jika ponsel Anda terinfeksi, baterainya akan cepat habis karena digunakan untuk mencari perangkat Bluetooth lainnya.
Untuk mencegahnya, matikan (disable) fitur Bluetooth Anda. Aktifkan hanya saat akan digunakan. Dan yang perlu diingat adalah jangan menginstal aplikasi Symbian dengan nama caribe.sis atau nama-nama yang aneh.

5. COMMWARRIOR
Commwarrior masuk dalam keluarga virus ponsel jenis worm. Virus ini menyebar melalui MMS, koneksi Bluetooth, dan pertukaran kartu memori dengan nama yang beracak (random) xxx.sis.
Tipe serangan Commwarrior bermacam-macam. Yang paling umum, Commwarrior menyebar lewat Bluetooth. Beberapa varian juga dapat mengirim MMS acak ke kontak yang terdapat di phonebook Anda. Commwarrior tak hanya punya satu nama. Layaknya penjahat, dia juga memiliki nama samaran atau alias seperti Commwarrior [dikenal oleh anvir F-Secure], SymbOS/Commwarrior [McAfee], SYMBOS_COMWAR [Trend Micro].
Saat ini varian Commwarrior terakhir adalah Commwarrior T. Commwarrior T dan Q hanya menginfeksi Symbian versi 8.1 atau yang lebih tua. Selain menyebar secara sporadis, virus ini juga akan membuka halaman html di ponsel Anda dengan pesan:
Introduction Surprise! Your phone infected by CommWarrior worm v3.0. Matrix has you, Commwarrior inside. No panic please, is it very interesting to have mobile virus at own phone. This worm does not bring any harm to your phone and your significant data. About CommWarrior wor for Nokia Series 60 provides automatic real-time protection against harmful Anti-Virus content. CommWarrior is free software and is distributed in the hope that it wil be useful, without anya warranty. Thank you for using CommWarrior.CommWarrior 2005-2006 by e10d0r.

6. SKULLS
Virus selanjutnya adalah virus bernama Skulls atau nama lengkapnya SymbOS.skulls. Skulls yang tergolong Trojan ini yang mengganti sistem di dalam ponsel dan menyebabkan ikon-ikon menu utama berubah menjadi gambar tengkorak. Awalnya, Trojan ini bernama Extended theme.sis, akan tetapi sekarang banyak ditemui dengan nama skull.sis.
Beberapa varian jenis virus ini telah tersebar. Pada varian skulls.A entah mengapa dia tidak memberikan efek apa-apa. Namun skulls.C dan H dan S, hampir semua ikonnya berubah menjadi tengkorak…hiiii serem….
Saat instalasi varian Skull H, memunculkan kalimat notifikasi “Install ‘beta’_092_free-sms-RM8” sedangkan Skull S menampilkan kalimat “Install BlueNum Stealer”. Tak hanya merubah ikon, skulls juga mampu melumpuhkan aplikasi-aplikasi yang ikonnya dirubah tadi. Umumnya saat kita memencet ikon suatu aplikasi maka yang muncul adalah pesan system eror.

7. DOOMBOOT
Meski penyebarannya tak seganas virus computer, namun kerusakan yang ditimbulkan oleh Doomboot tergolong cukup serius. Nama lengkapnya SymbOS.Doombot. Virus ini juga memiliki nama samaran antara lain Doomboot [F-Secure], SYMBOS_DOOMED [Trend Micro].
Saat ini varian doombot bermacam-macam. Ada Doomboot A, C, L, M, G dan P. Doomboot termasuk virus kategori Trojan. Varian Doomboot.A menaruh dan membuat file-file korup dan bahayanya, setelah ponsel menginfeksi, ia akan menempatkan virus lainnya semisal Commwarrior.B ke dalam ponsel Anda. Sistem file yang korup tadi menyebabkan ponsel tidak dapat melakukan booting.
SymbOS.Doomboot.A misalnya, menyusup ke ponsel Anda dengan menyerupai file instalasi permainan Doom2 yang telah dicrack. Biasanya bernama Doom_2_wad_cracked_by_DFT_S60_v1.0.sis. Sedangkan Doomboot C menyusup dengan nama samaran “exoVirusStopv 2.13.19”, mirip dengan nama anti virus ponsel. Jika menerima file tersebut dan menginstalnya, Anda tidak akan menerima pesan teknis apapun setelah itu. Anda juga tak akan mengira bahwa ponsel telah terinfeksi karena tak ada ikon atau tanda apapun setelah proses instalasi. Commwarrior.B yang diisikan oleh Doombot ke dalam ponsel akan berjalan secara otomatis dan menyebar melalui koneksi Bluetooth. Hal ini akan mengakibatkan ponsel mengkonsumsi baterai secara berlebihan, sehingga baterai cepat habis. Parahnya, Doomboot akan membuat ponsel tidak dapat melakukan booting saat Anda mematikan ponsel dan menyalakan kembali. Jika Anda terlanjur melakukan reboot, maka satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah melakukan hard reset. Alhasil, sebagian besar data yang telah Anda simpan seperti foto, suara maupun data lainnya menjadi hilang tak berbekas.

8. APPDISBLER
Kinerja AppDisabler sebenarnya mirip dengan Doomboot. Dia akan menaruh file-file virus lain seperti Locknut B dan Cabir Y ke dalam sistem ponsel Anda. AppDisabler juga menggandeng Skulls J dan akan menyulap ikon-ikon sistem Anda menjadi gambar tengkorak. Yang lebih mengerikan, virus ini akan menghentikan kinerja sistem operasi dan juga beberapa aplikasi pihak ketiga.

9. CARDTRAP
CardTrap merupakan virus ponsel pertama yang mencoba menginfeksi computer berbasis Windows dengan menaruh 2 file virus ke dalam kartu memori ponsel. Jika terkoneksi kartu tersebut sewaktu-waktu menginfeksi computer.
Varian CardTrap lumayan banyak. Dari varian berhuruf tunggal seperti CardTrap P, Q, R, S hingga varian beraksara ganda sepert CardTrap AA, AG, AJ dan seterusnya. Biasanya CardTrap menyaru dengan memakai nama-nama game atau aplikasi terkenal seperti Kingkong, Half Life, Battefield 2 dan lain-lain. CardTrap Z misalnya, menyaru dengan nama SeleQ 1.7 – CrackedTNT.sis. CardTrap merusak sistem dengan cara mematikan beberapa aplikasi built in Symbian. Virus ini juga cukup canggih sehingga mampu melumpuhkan beberapa jenis anti virus. Selanjutnya, jikalau ada kesempatan untuk terkoneksi ke computer, CardTrap akan berupaya menanam virus ke dalam PC berbasis Windows. Beberapa varian seperti CardTrap Z juga dapat mematikan fungsi keypad, mengacaukan aplikasi-aplikasi pihak ketiga, dan menyebarkan file-file rusak ke dalam kartu memori hingga mengakibatkan kekacauan sistem.

10. LOCKNUT
Locknut atau nama lengkapnya SymbOS.Locknut merupakan virus Trojan yang beroperasi dengan memanfaatkan kelemahan sistem Symbian S60. virus ini tergolong gawat karena dapat mengganti file biner pada sistem ROM. Alhasil Locknut dapat menyebabkan sistem operasi ponsel terhenti dan mengalami crash. Virus ini memilik banyak nama samaran antara lain Locknut [F-Secure], SYMBOS_LOCKNUT [Trend Micro]. Ponsel Symbian yang terkena virus ini memiliki ciri-ciri akan menampilkan message atau pesan sebagai berikut :

App. closed

AppArServerTh

Read

Selain itu, virus ini juga memiliki boncengan alias virus tambahan berupa virus Cabir yang akan ikut terinstal jika virus Locknut menangkiti ponsel Anda. Beberapa varian virus Caribe juga terangkai bersama-sama virus Locknut ini. Locknut E, salah satu varian locknut akan merusak file-file penting pada sistem Symbian dan menyebabkan aplikasi-aplikasi yang terinstall tidak dapat dibuka. Hal ini secara efektif akan membuat ponsel Anda terkunci.

11. PBStealer
Kabarnya, PBStealer merupakan salah satu virus ponsel yang dibuat oleh orang Indonesia (made in Indonesia euy,,perlu dihargai dan dikasih penghargaan nih pembuatnya hahahaha). PBStealer memiliki alias SymbOS/Pbstealer (Symantec), merupakan Trojan yang menyerupai aplikasi untuk mengumpulkan kontak yang terdapat dalam phonebook Anda dan selanjutnya akan menyimpannya dalam bentuk file teks (*.txt). Sekilas hal tersebut tak berbahaya. Namun langkah yang dilakukan PBStealer selanjutnyalah yang membuat Anda harus waspada. PBStealer selanjutnya akan mengirimkan file txt tersebut ke ponsel lain lewat koneksi Bluetooth. Dapat dibayangkan bukan??? Jika di dalam kontak Anda terdapat nomor-nomor penting dan dimanfaatkan untuk kejahatan??
PBStealer D, salah satu varian PBStealer juga dapat mengkompile dan mengirimkan file berisi kontak, to do lis, database dan notepad sekaligus. PBStealer D menyebarkan diri dengan cara mengirimkan 2 file aplikasi berekstensi SIS yaitu ChattingYuk.SIS dan PBCompressor.SIS melalui koneksi Bluetooth.

12. RommWar
SymbOS/Rommwar (menurut Symantec) termasuk kategori Trojan. Virus tipe ini akan meletakkan semacam program kecil ke ponsel sasaran. Program tersebut kemudian akan dapat membuat ponsel sasaran mengalami malfungsi.
Gejala-gejala kelainan fungsi tergantung dari versi software ROM pada ponsel Anda. Efek yang ditimbulkan oleh RommWar pun beragam. Mulai dari hang, ponsel restart sendiri, hingga membuat tombol power tak berfungsi. Namun pada beberapa kasus, gejala-gejala tersebut tak tampak dan ponsel dapat berjalan seperti biasa. Virus RommWar ini layakanya sebuah aplikasi Symbian berekstensi .sis. Namanya bisa berubah macam-macam. Bisa jadi nama aplikasinya sangat menggoda dan membuat Anda teratarik untuk menginstalnya. Misalnya theme.sis, bunga_citra.sis, xxx.sis dan lain sebagainya. Saat menjalani proses instalasi, biasanya RommWar akan menampilkan pesan aneh.
Hingga saat ini SymbOS/Rommwar telah berkembang memilik 4 varian yaitu :

* RommWar.A akan memberikan efek bervariasi, tergantung versi software ROM yang ada di ponsel Anda. Varian pertama ini menyebabkan ponsel mengalami hang dan harus di restart kembali. Sesaat setelah proses restart, ponsel akan mengalami hang kembali. Untuk melakukan hal tersebut, RommWar ini memanfaatkan fungsi MIME recognizer.
* RommWar.B Secara ajaib, varian RommWar kedua ini akan merestart ponsel dengan sendirinya dan akan menghalangi ponsel Anda untuk melakukan booting. Parah bukan???? Bukan parah????
* RommWar.C Sama seperti versi B. Virus ini akan menghalangi ponsel Anda untuk menyala!
* RommWar.D\ RommWar varian terbaru ini menimbulkan efek beragam, mulai ponsel tak dapat nyala hingga tombol power yang tak berfungsi. Yang menarik, instalasi SymbOS/RommWar, kadang juga ditumpangi oleh instalasi Kaspersky Anti-Virus mobile yang tidak sempurna.

13. Discusx.vbs
Virus VBScript yang satu ini, memiliki ukuran sekitar 4.800 bytes. Dia akan mencoba menginfeksi di beberapa drive di komputer Anda, termasuk drive flash disk, yang jika terinfeksi akan membuat file autorun.inf dan System32.sys.vbs pada root drive tersebut. Selain itu, ia pun akan mengubah caption dari Internet Explorer menjadi “.::Discus-X SAY MET LEBARAN! [HAPPY LEBARAN ?!]::.”.

14. Reva.vbs
Lagi, virus jenis VBScript yang lumayan banyak dikeluhkan oleh beberapa pembaca. Ia akan mencoba menyebarkan dirinya ke setiap drive di komputer Anda termasuk drive flash disk. Pada drive terinfeksi akan terdapat file reva.vbs, autorun.inf, dan shaheedan.jpg. Selain itu, ia pun akan mengubah halaman default dari Internet Explorer agar mengarah ke situs http://www.arrahmah.com.

15. XFly
PC Media Antivirus mengenali dua varian dari virus ini, yakni XFly.A dan XFly.B. Sama seperti kebanyakan virus lokal lainnya, ia dibuat menggunakan Visual Basic. Memiliki ukuran tubuh sebesar 143.360 bytes tanpa di-compress. Dan ia dapat menyamar sebagai folder, file MP3 WinAmp atau yang lainnya dengan cara mengubah secara langsung resource icon yang ada pada tubuhnya. Ini akan lebih mempersulit user awam dalam mengenalinya. Pada komputer terinfeksi, saat menjalankan Internet Explorer, caption-nya akan berubah menjadi “..:: x-fly ::..”, dan saat memulai Windows pun akan muncul pesan dari si pembuat virus pada default browser. Atau setiap waktu menunjukan pukul 12:30, 16:00, atau 20:00, virus ini pun akan menampilkan layar hitam yang juga berisi pesan dari si pembuat virus.

16. Explorea
Virus yang di-compile menggunakan Visual Basic ini hadir dengan ukuran sekitar 167.936 bytes, tanpa di-compress. Menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk mengelabui korbannya. Virus ini akan menyerang Registry Windows Anda dengan mengubah default open dari beberapa extension seperti .LNK, .PIF, .BAT, dan .COM. Pada komputer terinfeksi, disaat-saat tertentu terkadang muncul pesan error, contohnya pada saat membuka System Properties.

17. Gen.FFE
Gen.FFE atau pembuatnya menamakan Fast Firus Engine merupakan salah satu program Virus Generator buatan lokal. Dengan hanya menggunakan program ini, tidak dibutuhkan waktu lama untuk dapat menciptakan virus/varian baru. Virus hasil keluaran program ini menggunakan icon mirip gambar folder standar bawaan Windows. Ia pun akan memblokir akses ke Task Manager, Command Prompt, serta menghilangkan beberapa menu di Start Menu. Ia juga akan membaca caption dari program yang aktif, apabila terdapat string yang berhubungan dengan antivirus maka program tersebut akan segera ditutup olehnya.

18. Hampa
Virus yang juga dibuat menggunakan Visual Basic dan ber-icon-kan folder ini memiliki ukuran tubuh sekitar 110.592 bytes, tanpa di-compress. Banyak sekali perubahan yang ia buat pada Windows, seperti Registry, File System, dan lain sebagainya, yang bahkan dapat menyebabkan Windows tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Pada komputer yang terinfeksi oleh virus ini, saat memulai Windows akan muncul pesan dari si pembuat virus.

19. Raider.vbs
Virus jenis VBScript ini berukuran sekitar 10.000 bytes, jika file virus dibuka dengan Notepad misalnya, maka tidak banyak string yang bisa dibaca karena dalam kondisi ter-enkripsi. Pada Registry, ia pun memberikan pengenal dengan membuat key baru di HKLM\Software dengan nama sama seperti nama pada computer name, dengan isinya berupa string value seperti nama virus tersebut, Raider, serta tanggal komputer tersebut kali pertama terinfeksi.

20. ForrisWaitme
Virus yang dibuat dengan Visual Basic ini menggunakan icon mirip folder standar Windows untuk melakukan penyamarannya. Beberapa ulahnya adalah menukar fungsi tombol mouse kiri dengan kanan, menghilangkan menu Folder Options, membuat file pesan “baca saya.txt” pada drive terinfeksi, dan masih ada yang lainnya.

21. Pray
Virus lokal ini dibuat menggunakan Visual Basic. Kami mendapati 2 varian dari virus ini, untuk varian Pray.A tidak memiliki icon, sementara untuk varian Pray.B menggunakan icon mirip Windows Explorer. Jika komputer terinfeksi oleh virus ini, saat penunjuk waktu di komputer tersebut menunjukan pukul 05:15, 13:00, 16:00, 18:30, dan atau 19:45, virus ini akan menampilkan pesan yang mengingatkan user untuk melakukan shalat.

22. Rian.vbs
Virus VBScript ini memiliki ukuran 3788 bytes. Saat menginfeksi, ia akan menciptakan file baru autorun.inf dan RiaN.dll.vbs pada setiap root drive yang terpasang di komputer korban, termasuk Flash Disk. Komputer yang terinfeksi oleh virus ini, caption dari Internet Explorer.

23. Jerusalem- 1987
Ini merupakan antara salah satu virus MS-DOS yang terawal dalam sejarah dan telah mengakibatkan malapetaka yang besar dimana kesannya dapat dilihat di kebanyakan negara, universiti dan syarikat yang besar. Pada Jumaat 13 1988, virus ini berjaya merebak ke beberapa institusi di Eropah, Amerika dan Timur Tengah. Virus ini secara tak sengaja(?) digelar “Jerusalem” selepas menyerang salah satu lokasi di timur tengah- University Jerusalem.

23. Morris a.k.a “Internet Worm”- November 1988
Virus ini telah menjangkiti lebih kurang 6000 sistem komputer di US termasuk Lembaga kajian Nasa yang telah berjaya dilumpuhkan buat seketika pada suatu masa dahulu. Kerana kod yang tidak menentu, worm berjaya menghantar berjuta-juta salinan dirinya ke komputer dalam rangkaian yang berbeza dan berjaya melumpuhkan kesemua sumber network. Kerosakan yang disebabkan oleh virus komputer Morris dianggarkan mencapai $96 juta.

24. Solar Sunrise- 1998
Satu dekad kemudian, situasi tetap tidak berubah malah menjadi lebih teruk. Menggunakan virus komputer, hacker, pada tahun 1998, menembus dan mengambil alih lebih dari 500 sistem komputer milik tentera, sektor kerajaan dan swasta US. Kesemua situasi digelar Solar Sunrise selepas kerentanan popular di komputer yang menjalankan sistem ooperasi yang disebut sebagai Sun Solaris. Awalnya serangan itu dipercayai dirancang oleh koperasi di Iraq. Tetapi akhirnya insiden tersebut telah terbongkar dan ia merupakan karya dua orang remaja Amerika dari California. Selepas serangan yang berlaku, Jabatan Pertahanan US mengambil tindakan drastik untuk mengelakkan insiden yang sama di masa hadapan.

25. Melissa- 1999
Buat pertama kali dunia pengkomputeran di perkenalkan dengan virus komputer terbaru yang digelar ‘Melissa’ pada 26 Mac 1999, ketika virus tersebut mematikan sistem mel internet, dimana ia disekat dengan e-mel yang dijangkiti dengan worm.
Virus komputer Melissa ini dibangunkan oleh David L. Smith di Aberdeen Township, New Jersey. Setelah diberkas, David dijatuhkan hukuman 20 bulan penjara persekutuan dan diperintahkan untuk membayar denda sebanyak $5000. Penangkapan David telah diwakili oleh kolaborasi FBI, New Jersey State Police dan Monmouth Internet.

26. I Love You- Mei 2000
Menggunakan kaedah yang serupa seperti Melissa, virus yang digelar ‘I Love You’ ini berjaya menjangkiti berjuta-juta komputer di seluruh dunia dalam satu malam sahaja! Tapi akhirnya pencipta virus ini berjaya dikesan. Penciptanya adalah seorang mahasiswa berwarganegara Filipina. Mahasiswa tersebut dibebaskan kerana Filipina tidak mempunyai undang-undang untuk mencegah hacking dan penyebaran Malware.

27. Code Red Worm- Julai 2001
Ini merupakan virus komputer pada abad ke-21 yang berjaya menembusi puluhan ribu sistem yang menjalankan Microsoft Windows NT serta perisian Windows 2000 Server. Kerosakan yang disebabkan oleh virus komputer Code Red dianggarkan mencapai jumlah kesuluruhan $2 Billion.

28. Nimda- 2001
Tidak lama selepas tragedi 11 September, virus ini menjangkiti beratus ribu komputer secara meluas. Nimda telah diklasifikasikan sebagai salah satu virus yang merumitkan kerana ia mempunyai 5 cara untuk menjangkiti dan memusnahkan sesebuah komputer itu. Berasal dari perkataan “Admin” yang diterbalikkan menjadi “Nimda”.

29. Downadup- 2009
Yang terbaru dan berbahaya ini merupakan “Downadup worm” juga dikenali sebagai “Conficker”. Syarikat keselamatan komputer, F-Secure mencatakan bahawa virus ini telah menjangkiti 3.5 juta komputer di seluruh pelusuk dunia. Program malicious ini berupaya untuk disebarkan melalui “Patched Windows Flaw”. F-Secure juga menyatakan bahawa terdapat tiga negara yang paling banyak terkena impak virus ini iaitu, China, Brazil dan Rusia.

30. Virus CIH
Juga dikenali sebagai Chernobyl atau Spacefiller, ianya sejenis virus computer versi windows yang direka oleh Chen Ing Hau yang berasal dari Taiwan. Ianya disebarkan dibawah format fail windows 95, windows 98, dan windows ME.
Virus ini merupakan salah satu virus paling merbahaya dan ia masih merupakan yang paling ganas abad ini. CIH mula dikesan pada pertengahan tahun 1998 dan mempunyai beberapa variasi. Ia menghalang pengguna untuk mencapai cakera keras dengan memberitahu pengguna cakera keras rosak. Ia juga boleh memadamkan BIOS pada komputer dan merosakkan papan induk secara keseluruhannya. Ia tersebar menerusi web dengan menumpang pada fail yang dijangkiti.

31. Virus Monkey
Sebagai virus sektor but, sebahagiannya disebabkan oleh kesukaran yang dihadapi sesetengah pengguna untuk menghapuskannya. Ia berkaitan dengan virus Empire.
Monkey menjangkiti rekod but induk cakera keras (Master Boot Record) dan but sektor disket. Ia menjangkiti PC apabila disket, yang dijangkiti melalui PC lain, berada dalam pemacu A> ketika but keatas (boot-up), dan menulis kodnya ke sektor pertama dalam cakera keras, di mana data Petak/MBR ditempatkan. Monkey akan berada di dalam memori selepas itu setiap kali PC dipasang, dan menjangkiti disket sewaktu digunakan.

sumber:

http://phaul-heger.blogspot.com/2012/04/macam-macam-virus-komputer.html

http://raqheelcaze.wordpress.com/2012/11/10/jenis-jenis-virus-komputer/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s